Wednesday, November 5, 2014

IMK (Interaksi Manusia dan komputer)

Sebagian dari kita mungkin masih bertanya-tanya apa itu IMK ? 
Untuk apa ada IMK ? 
dibawah ini saya akan memberikan penjelasan singkat mengenai IMK yang terbagi dalam 3 point :     
1.       Mengapa dan apa itu IMK ?    
2.       Siapa yang terlibat dalam IMK ?    
3.       Konsep dasar IMK 



MENGAPA DAN APA ITU IMK ? IMK atau Interaksi Manusia dan Komputer (human–computer interaction) adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia. Ilmu ini berusaha menemukan cara yang paling efisien untuk merancang pesan elektronik. Sedangkan interaksi manusia dan komputer sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang keduanya saling memberikan masukan dan umpan balik melalui sebuah antarmuka untuk memperoleh hasil akhir yang diharapkan. Sistem harus sesuai dengan kebutuhan manusia dan dirancang berorientasi kepada manusia sebagai pemakai. 

Tujuan utama IMK adalah untuk: 
1.  Membuat sistem yang lebih: Berguna (usable) Aman Produktif Efektif Efisien Fungsional 
2.  Meningkatkan interaksi antara manusia dgn sistem komputer Sistem yang bermanfaat (usable) dan aman (safe), artinya sistem tersebut dapat berfungsi dengan baik. Sistem tersebut bisa untuk mengembangkan dan meningkatkan keamanan (safety), utilitas (utility), ketergunaan (usability), efektifitas (efectiveness) dan efisiensinya (eficiency). Sistem yang dimaksud konteksnya tidak hanya pada perangkat keras dan perangkat lunak, tetapi juga mencakup lingkungan secara keseluruhan, baik itu lingkungan organisasi masyarakat kerja atau lingkungan keluarga. Sedangkan Ketergunaan (usability) disini dimaksudkan bahwa sistem yang dibuat tersebut mudah digunakan dan mudah dipelajari baik secara individu ataupun kelompok. Utilitas mengacu kepada fungsionalitas sistem atau sistem tersebut dapat meningkatkan efektifitas dan efesiensi kerjanya. 

SIAPA YANG TERLIBAT DALAM IMK  
IMK merupakan subyek multi disiplin yang melibatkan berbagai bidang ilmu. Designer sistem interaktif yang ideal harus memiliki keahlian diberbagai bidang seperti : 
1.      Psikologi dan ilmu kognitif yang memberikan dasar pengetahuan mengenai persepsi user,kognitif, kemampuan memecahkan masalah. 
2.      Ergonomi yang memberikan dasar pengetahuan mengenai kemampuan/karakteristik fisik user. 
3.      Sosiologi yang membantu pemahaman mengenai konsep interaksi secara luas. 
4.      Ilmu komputer dan teknik rekayasa untuk membangun teknologi yang dibutuhkan. 
5.      Bisnis yang memberikan pengetahuan agar mampu memasarkan hasil. 
6.      Desain grafis agar mampu untuk menghasilkan presentasi yang efektif mengenai interface. 
7.      Technical writing agar mampu membuat manual. 
8.      Dan lain-lain. 

KONSEP DASAR IMK 
1. Untuk membantu dari Segi kemudahan penggunaan 
2. Untuk membantu dari Segi keindahan Dari konsep dasar 

IMK tersebut tentu akan menghasilkan sebuah Tujuan antara lain: 
1.  menghasilkan sistem yang dapat di gunakan (Usable) 
2.  Memiliki manfaat (Useful) 
3.  Ramah terhadap pengguna (User Friendly) 


Kesimpulan : Interaksi Manusia dan Komputer dapat diartikan sebagai suatu disiplin ilmu yang menekankan pada aspek desain, evaluasi dan implementasi dari system computer interaktif untuk mendukung kegiatan manusia. Dengan adanya hubungan yang interaktif antara manusia dengan computer atau berinteraksi dengan computer, maka segala kegiatan manusia dapat diatasi dalam waktu yang singkat dan mudah. sumber : 

http://id.wikipedia.org/wiki/Interaksi_manusia-komputer 
http://sia201108s.wordpress.com/2012/08/07/pengertian-dan-tujuan-imk/ http://shanbastian.blogspot.com/2011/03/mengapa-dan-apa-imk.html


No comments:

Post a Comment